(Zaenal) Pelaksanaan workshop dan forum group discussion (FGD)  telah digelar beberapa kali oleh Program Studi Budidaya Perairan (BDP) sebagai rangkaian dari kegiatan Hibah Akselerasi Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Tinggi Mendukung Kampus Merdeka Mandiri yang didanai oleh KEMENDIKBUDRISTEK.  Workshop pertama dilaksanakan pada tanggal 10-11 Juli 2024 secara luring dengan tema : “Pengembangan RPS & RTM Berbasis OBE untuk Menunjang Program MBKM”.  Sebagai Narasumber adalah Tim Ahli dari LPMPP Universitas Mataram, Dr. Muntari, M.Phil. Bentuk luaran dari kegiatan tersebut adalah tersedianya RPS dan RTM yang mengikuti format terbaru dari LPMPP dan berbasis OBE.

Kegiatan kedua dilaksanakn pada tanggal 17-18 Juli 2024 secara hybrid  dengan tema “Forum grup discussion ( FGD) Mitra dunia usaha dan industri (DUDI) dan instansi pemerintah serta alumni dalam rangka mendukung kurikulum MBKM Program Studi Budidaya Universitas Mataram”. Pihak DUDI serta instansi pemerintah diundang untuk memberikan masukan terkait pelaksanaan MBKM yang telah diikuti oleh mahasiswa di lokasi DUDI dan instansi pemerintah. Pihak yang terlibat adalah : 1) Balai Perikanan Budidaya Laut Sekotong, 2) Balai Perikanan Budidaya Pantai, Situbondo, 3) Balai Besar Riset Budidaya Laut dan Peyuluhan Perikanan (BBRBLPP), Gondol Bali, 4) Balai Produksi Induk Udang Unggul dan Kekerangan (BPIU2K), Karangasem Bali, 5) PT. Panen Berkat Sejahtera Bersama (PT PBSB), 6) PT. Suri Tani Pemuka, Singajara. Masukan dari berbagai pihak sangat membantu Prodi BDP untuk memperbaiki pelaksanaan MBKM Pada periode selanjutnya sekaligus menjadi bahan untuk penyempurnaan SOP MBKM Magang Prodi BDP.

Kegiatan ketiga dilaksanakan pada tanggal 31 Juli sampai 1 Agustus 2024 secara hybrid dengan tema “Worskshop Penyusunan Dokumen Standar Operasional Prosedur (SOP) MBKM” Narasumber yang diundang adalah : 1) Dr. Taufik Budi Pramono, S.Pi., M.Si dari Universitas Jenderal Sudiriman, 2) Wahyu Endra Kusuma, S.Pi.,M.P., D.Sc dari Unversitas Brawijaya, 3) Dr Nurfitri Ekantari, S.Pi., M.Si dari Universitas Gadjah Mada, 4) apt. Eskarani Tri Pratiwi, M.S.Farm dari Universitas Mataram. Kegiatan ini difokuskan untuk sharing pengalaman dalam pelaksanaan MBKM Penelitian dan MBKM Kewirausahaan sehingga nantinya kedua jenis MBKM ini juga dapat diterapkan secara berkelanjutan di Prodi BDP. Luaran dari kegiatan ini adalah tersedianya SOP untuk pelaksanaan MBKM Mandiri pada bidang magang industri, penelitian, dan kewirausahaan.